SEJARAH AJIGOMAS

Asal muasal dibentuknya Paguyuban yg diberi nama ” AJIGOMAS PLUS ” yaitu muncul dari gagasan beberapa orang yaitu al: Bp. Domingus Sumitro dan Bp Teguh Suratman, yg kemudian disampaikan kpd sdr.Suyono Kancil, omong punya omong disampaikan kesaya ( Douglas KS ) yg kemudian dirumuskan untuk menjadi sebuah paguyuban yg oreintasinya untuk mengumpulkan teman teman/ saudara saudara yg berasal dari Ajibarang, Gombong, Kebumen,Banyumas dan sekitarnya maka munculah sebuah nama yang meliputi beberapa wilayah tersebut kemudian dipilih secara aklamasi nganggo jeneng ” AJIGOMAS PLUS ” Plus dengan pengertian sekitarnya, yang dlm arti sebenarnya adalah “Ajibarang Gombong Kebumen Banyumas dan Sekitarnya ” yang disingkat AJIGOMAS PLUS hingga sekarang.

Adapun tujuan utama kegiatan ini adalah untuk lebih mempererat persaudaraan diantara sesama warga perantau yang berdomisili disekitar Jakarta,Bogor, Tanggerang,Depok dan Bekasi ( JABODETABEK ) yang berasal dari Banyumas dan sekitarnya, untuk membangun rasa kesetiakawanan diantara anggota Ajigomas Plus, maka di susunlah kepengurusan yang berdasarkan musawarah kekeluargaan utnuk menjalankan misi utamanya, karena didalam suatu organisasi/paguyuban tdk dibentuk kepengurusan tentu tdk akan jelas arahnya, sehingga sepakatlah untuk membentuk pengurus, maka terbentuk pula sruktur organisasi sbb:

Penasehat organisasi : Douglas KS.
Penasehat                           : Jebul Kuntoro
Penasehat Rohani         :Yoga Mandiro
Ketua                                      : Suyono Kancil
Wk.Ketua                             : Salamun
Sekretaris                            : Sutarmo
Wk. Sekretaris 1               : Sisman
Bendahar                             : Suratno
Wk. Bendahara                : Mulyadi
Humas 1                                : Sunarto Blangkon /  Radio Metro
Humas 2                               : Ledod Sadewo  / Radio Barata
Humas 3                               : Teguh Suratman

Pengurus harian ini dibantu dengan beberapa seksi yang semua ini dibentuk berdasarkan kesepakatan anggota sehingga saling menunjang didalam melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab sehingga Ajigomas plus tetap eksis dalam kiprahnya.
Ajigomas Plus mempunyai beberapa kegiatan yang semua adalah bernuansa pelestarian budaya Banyumasan yang semakin hari semakin ditinggalkan oleh kaum mudanya, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan kaum muda pun akan terdorong untuk ikut berperan karena selalu dilibatkan didalam segala iven iven penting yang berkaitan dengan kegiatan Ajigomas Plus.
Kegiatan yang selama ini selalu dilestarikan al : Bidang Kesenian seperti kesenian Calung Banyumas, Uyon uyon Banyumas, Dagelan Banyumasan, Seni tari Kudang Lumping, Wayang Kulit gagrak Banyumasan dan sedang diupayakan tari klasik yang berasal dari Banyumas.

Paguyuban ” AJIGOMAS PLUS ” didirakan pd tgl. 7 Pebruari 2007/ dideklarasikan bersama oleh 72 orang anggota pada saat ini dan diharapkan akan terus bertambah.

Pada gebrakan pertama Ajigomas Plus mengadakan acara Halal Bihalal yang diselenggarakan di Pondok Maharta yaitu di Kediaman Ki Lurah Bp. Suyono/Kancil yaitu pada th. 2007/ 1428 H. Yang menampilkan kesenian Calung Banyumasan dengan dagelan ala Banyumas dan dihadiri oleh Kapolsek Pondok Aren dan Ketua Citra Bhayangkara beserta para undangan yg tidak sedikit jumlahnya.

Pada tgl. 7 Pebruari 2007, Ajigomas Plus mengadakan Ulang Tahun yang Pertama (I) yang diselenggarakan di gedung Kesenian Jakarta Barat dengan sederhana yaitu dengan menyelenggarakan syukuran, namun tidak mengurangi arti dan makna yang terkandung dalam perjalanan Paguyuban Ajigomas Plus tersebut, Alhamdulillah semuanya dapat tercapai dengan baik dan sukses.

Ajigomas Plus pun didalam menyebarluaskan informasi baik yang berkait dengan kegiatan maupun informasi tentang keanggotaan dibantu oleh beberapa stasiun radio swasta niaga seperti radio Metropolitan Jakarta, radio Bharata dan beberapa stansiun radio yang lain.

Untuk itu kami mengharap kepada masyarakat Banyumas yang berada di Jabodetabek mari bergabung dengan kami ” AJIGOMAS PLUS ” kapan maning jajal si gagian….. ! Kesuwun ya mbok analuputku ya njaluk ngapura lah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: